Konfigurasi Speedtest Local Server

Assalamu’alaikum Wr Wb
Selamat pagi, tumben nih pagi-pagi sudah posting. Saya jadi keingetan kerjaan saya hari ini untuk mengecek jaringan client yang dikatanya lambat. Kebetulan saya baca blog teman saya dan disana ada postingan tentang ‘membuat-server-speedtest-sendiri’, saya tertarik membuat speedtest di lokal net saya untuk pengecekan jaringan client ke net saya..
Thanks ya buat Bapak Enggih.. Blognya sangat membantu..
Mari kita mulai..
Jangan lupa berdoa agar dimudahkan..
Bismillahirrahmanirrahim
Pertama kita installkan dulu aplikasi webserver karena speedtest ini diakses via webbrowser

apt-get install apache2 php5

Setelah selesai, download paket speedtest mininya di sini atau jika bisa download langsung dengan wget
wget http://files.speedtest.ookla.com/releases/mini.zip

Kemudian buat folder speedtest di /home/user contoh /home/ryan dan pindahkan paket speedtest mini yang sudah didownload tadi ke folder speedtest.

mkdir /home/cahya/speedtest
mv /home/cahya/mini.zip /home/cahya/speedtest
Install kan unzip untuk meng-extract file .zip .
apt-get install unzip
Extract paket speedtest mini tadi.
uzip /home/cahya/speedtest/mini.zip

Agar bisa di browse, copy-kan folder speedtest ke /var/www
cp -r /home/cahya/speedtest/ /var/www/speedtest

Speedtest mini ini bisa support webserver dengan php, asp, aspx dan jsp.
Tapi karena di webserver kita menggunakan php maka kita ganti file index-php.html menjadi index.html .

cd /var/www/speedtest
mv index-php.html index.html

Saatnya pengujian.
Ketikan IP Address Server/speedtest di browser anda. contoh 10.67.192.4/speedtest
Maka akan muncul tampilan seperti ini



Hasil dari speedtest



Hehe cepet banget..wajar sih kan di server lokal..
Alhamdulillah beres.. semoga postingan ini bisa bermanfaat..
Wassalamu’alaikum Wr Wb

Referensi dari http://enkgih.wordpress.com/2010/07/09/membuat-server-speedtest-sendiri